10 Tips Tidur Selama Hamil Untuk Menjaga Kesehatan Ibu & Janin

Tentunya seorang ibu menginginkan janin dalam kandungannya selalu sehat dan terlindungi, banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjaga si calon buah hati seperti dirangkum dalam artikel berikut ini untuk membantu agar ibu bisa tidur dengan nyenyak dan nyaman selama masa kehamilan, sehingga tidak lagi menjadi kekhawatiran para ibu untuk menjaga kesehatan si jabang bayi.

1. Tidurlah Selagi Bisa

Fakta bahwa insomnia tidak akan menyebabkan bahaya serius untuk Anda, terutama bayi dalam kandungan. Selain tidur di malam hari, Anda bisa tidur di siang hari atau beristirahat dengan cara lain supaya tubuh lebih rileks.

2. Jangan Banyak Pikiran

Khawatir dengan kelahiran dan tekanan kerja dapat membuat Ibu menjadi cemas dan stress.

Selain dapat mempengaruhi kualitas tidur, ibu juga harus banyak bergosip dengan tetangga atau saudara untuk menghilangkan stress.

3. Makan Secukupnya

Jangan sering makan di malam hari atau makan berlebihan. Isi perut tidak boleh berlebihan saat malam hari, karena bisa menyebabkan tubuh sulit bergerak dan sulit untuk tidur. Makan secukupnya & atur pola gizi yang harus lebih diperhatikan.

4. Jangan Minum Kopi Atau Makan Coklat di Malam Hari

Di sore atau malam hari, coklat dan kafein akan membuat ibu susah tidur.

Boleh – boleh saja jika Ibu ingin ngemil cemilan atau yang lainnya seperti makan secangkir sup panas atau beberapa potong roti gandum akan membantu tidur lebih mudah & jangan lupa untuk minum segelas susu panas.

5. Minumlah Air Secukupnya di Siang Hari Daripada Minum di Malam Hari

Minumlah air saat tubuh memerlukan cairan beberapa kali sehari, jangan terlalu banyak minum air di malam hari. Sering ke toilet merupakan salah satu penyebab utama insomnia atau gangguan tidur.

6. Jangan Berolahraga di Malam Hari

Olahraga selama 15-30 menit sehari akan membantu ibu hamil tetap sehat.

Hindari berolahraga pada malam hari agar tubuh rileks sehingga kualitas tidur tetap terjaga tanpa gangguan.

7. Berendam Dalam Air Hangat

Berendam dalam bak mandi atau shower dengan air hangat akan membantu ibu lebih rileks, terasa lebih nyaman, sedikit campuran minyak untuk dijadikan body massage adalah pilihan yang baik. Ibu bisa memilih minyak esensial lavender, lemon, grapefruit atau yang lainnya.

8. Atur Aktivitas Sesuai Jadwal

Tetapkan jadwal untuk tidur jam 21 dan bangun jam 6 pagi, jaga waktu tidur Anda sesuai jadwal agar tercipta ritme biologis sehingga ibu bisa lebih mudah tertidur.

9. Buat Ruang Tidur Senyaman Mungkin

Periksa apakah kamar tidur Anda terlalu panas atau terlalu dingin? Apa tempat tidur dilengkapi dengan Kasur yang lembut? Apakah bantal dan guling Anda benar-benar membuat Anda merasa nyaman?

Periksalah sekarang, karena factor kecil ini mempengaruhi tidur ibu hamil.

10. Baca Atau Dengarkan Musik Sampai Tubuh Anda Bisa Tertidur

Pil tidur atau alkohol sangat dilarang selama masa kehamilan, karena bisa memberikan efek berlebihan saat tidur.

Upayakan setelah 20-30 menit berbaring di tempat tidur untuk membaca buku atau mendengarkan musik sehingga tubuh perlahan tertidur secara alami.

Leave a Reply