5 Cara Menghilangkan Ketombe Dengan Bahan Alami

Ketombe adalah kondisi medis dimana terdapat serpihan putih di kulit kepala. Keadaan ini dipicu karena kulit pada bagian kepala mati dan mengering.

Ketombe wajar ditemui, namun pada kondisi tertentu yang serius ketombe perlu mendapatkan penangnan ekstra.

Ketombe yang serius dapat mengakibatkan kerontokan dan kekeringan rambut. Untuk itulah Anda perlu mengetahui cara menghilangkan ketombe.

Penyebab munculnya ketombe bisa terjadi karena banyak faktor. Faktor yang paling biasa terjadi adalah karena kulit kepala kering. Gejala ini biasa muncul karena penggunaan shampo yang tidak tepat.

Iritasi dan kulit kepala yang berminyak juga menjadi penyebab munculnya ketombe. Iritasi bisa disebabkan karena penggunaan penutup kepala seperti topi atau helm yang tidak bersih.

Jarang membersihkan kulit kepala dengan keramas juga bisa memicu timbulnya ketombe.

Ketombe pada kondisi yang lebih serius disebabkan karena eksim. Eksim merupakan peradangan kronis yang terjadi pada kulit, dalam hal ini kulit kepala.

Eksim membuat kulit kepala terasa gatal dan memunculkan serpihan putih. Cara menghilangkan ketombe pada kondisi ini tidak dapat dilakukan secara sembarangan, perlu penanganan secara medis.

Jamur malassezia yang biasa terdapat di kulit kepala dapat memicu iritasi kulit jika tumbuh terlalu banyak.

Iritasi yang terjadi karena malassezia membuat sel kulit tumbuh lebih cepat dimana sel kulit yang berlebihan akan lebih cepat mati dan menumpuk di kulit kepala sehingga menjadi ketombe.

Ketombe selain mengganggu aktifitas kita, juga mengurangi rasa percaya diri. Ketombe semakin menjengkelkan ketika rambut menjadi kering dan mulai rontok.

Ada beberapa cara alami yang sejak jaman dahulu sudah digunakan diantaranya adalah menggunakan minya zaitun, lidah buaya, jeruk nipis dan daun pandan.

Cara Menghilangkan Ketombe Dengan Bahan Alami

Minyak Zaitun

Penggunaan minyak zaitun sudah biasa dilakukan untuk perawatan kesehatan dan kecantikan. Minya zaitun mengandung omega 9, omega 6, omega 3 dan lemak jenuh.

Selain itu juga terdapat Vitamin E yang mempunyai sifat sebagai antioksidan terbukti ampuh untuk menyehatkan kulit, tidak terkecuali kulit kepala.

Dari kandungan tersebut tidak heran jika minyak zaitun banyak diandalkan untuk merawat tubuh dan menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Minyak zaitun juga dapat digunakan untuk menghilangkan ketombe. Cara penggunaannya pun cukup mudah.

Oleskan minyak zaitun pada kulit kepala yang berketombe sambil dipijat secara perlahan. Diamkan selama 30 menit sebelum mandi kemudian bilas hingga bersih.

Lidah Buaya

Lidah buaya dipercaya banyak mengandung manfaat kesehatan. Bagian lidah buaya yang dimanfaatkan adalah lateks dan gelnya.

Cara mendapatkan gel lidah buaya yaitu dengan menguliti lidah buaya dan diambil dagingnya. Sedangkan lateks berada tepat pada sisi bawah kulit lidah buaya.

Penggunaan lidah buaya yang minim terhadap efek samping menjadi salah satu faktor alasan lidah buaya banyak dipakai sebagai obat.

Cara menghilangkan ketombe dengan lidah buaya dapat Anda lakukan dengan menghaluskan daging lidah buaya kemudian diratakan secara perlahan pada kulit kepala.

Agar meresap kedalam kulit kepala, pijat kepala Anda lalu diamkan selama kurang lebih 30 menit untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Daun Pandan

Daun pandan lebih dikenal sebagai penyebab makanan dibandingkan sebagai bahan perawatan kulit kepala.

Untuk menghilangkan ketombe, Anda cukup menghaluskan daun pandan dengan cara diblender atau ditumbuk sampai halus.

Kemudian rendam dalam air hangat sebentar, lalu peras daun pandan. Perasan daun pandan jika dibilaskan pada kulit kepala mampu menghilangkan ketombe.

Minyak kelapa

Minyak kelapa adalah salah satu nutrisi alami terbaik yang bisa dimanfaatkan untuk rambut dan kulit kepala.

Minyak kelapa efektif untuk membantu memulihkan hilangnya protein yang menyebabkan kulit kepala tidak sehat.

Minyak kelapa juga bermanfaat untuk melembabkan kulit kepala yang kering, mengobati infeksi pada kulit dan mencegah pengelupasan kulit dimana hal ini baik untuk mengurangi ketombe.

Cara menghilangkan ketombe menggunakan minyak kelapa adalah dengan memijat kepala Anda menggunakan minyak kelapa.

Agar hasil lebih maksimal, tutup kepala menggunakan handuk panas untuk lebih mengoptimalkan efek anti jamur.

Tree Tea Oil

Tree Tea Oil atau minyak pohon teh merupakan minyak atsiri esensial yang didapat dari tanaman tea tree dari Australia.

Khasiat tree tea oil sudah dirasakan di negara Australia sejak 100 tahun yang lalu. Tree tea oil terbukti mampu membunuh jamur, virus dan juga bakteri.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dalam mengatasi masalah ketombe, tree tea oil dapat dicampurkan dengan minyak kelapa.

Aduk hingga merata 1 sendok minyak kelapa dengan 5 tetes tree tea oil dan tambahkan 5 tetes minyak lavender jika dirasa perlu. Kemudian oleskan ke kulit kepala. Campuran ini dapat mengatasi ketombe yang diakibatkan oleh eksim.

Demikianlah beberapa cara menghilangkan ketombe secara alami yang dapat Anda coba. Dengan bahan yang mudah didapat dan relatif murah, semoga ketombe yang membandel dapat diatasi.

Leave a Reply