Bekas Jerawat? Hilangkan Dengan Bahan Alami Ini

Jerawat menjadi masalah wajah hampir semua orang dan tidak jarang dibarengi dengan munculnya masalah baru yaitu bekas jerawat.

Cara menghilangkan bekas jerawat dengan bahan alami lebih banyak dipilih untuk menghindari efek samping selain alasan biaya yang relatif murah.

Jerawat muncul karena beberapa sebab, baik karena faktor eksternal maupun internal dari dalam tubuh. Faktor eksternal yang mempengaruhi tumbuhnya jerawat misalnya adalah karena cuaca dan polusi udara.

Sedangkan faktor internal dipicu oleh stress dan perubahan hormonal. Menurut wikipedia, jerawat adalah keadaan dimana pori-pori tersumbat sehingga mengakibatkan munculnya kantung nanah.

Berbeda dengan jerawat, bekas jerawat muncul karena proses penyembuhan yang tidak normal. Ketidaknormalan ini dipicu karena kelebihan ataupun kekurangan kolagen pada kulit.

Kolagen merupakan protein yang ada dalam tubuh kita. Senyawa ini bekerja sebagai perekat jaringan tubuh dan menyumbang fungsi penting sebagai kekuatan dan struktur tubuh.

Sebelum membahas cara menghilangkan bekas jerawat, ada baiknya Anda tahu apa saja hal yang memicu ketidakstabilan produksi kolagen.

  1. Sinar matahari yang mengandung sinar ultraviolet dapat memecah kolagen dengan merusak serat-seratnya.
  2. Makanan tinggi gula membuat gula dalam darah menempel pada protein sehingga memicu pecahnya kolagen.
  3. Kebiasaan merokok banyak mengakibatkan kerusakan tubuh. Salah satunya merusak kolagen sebagai akibat dari nikotin yang mengurangi aliran oksigen ke dalam kulit.

Cara menghilangkan bekas jerawat dapat Anda lakukan dengan banyak metode.

Dari cara dengan harga yang mahal seperti terapi menggunakan laser atau menggunakan cara yang murah yaitu membuat obat penghilang bekas jerawat sendiri dengan menggunakan bahan alami.

Kata bijak bahwa mencegah lebih baik daripada mengobati juga patut Anda terapkan pada bekas jerawat karena bekas jerawat sejatinya dapat dihindari. Beberapa cara untuk meningkatkan produksi kolagen diantaranya yaitu:

  1. Mengkonsumsi susu, daging, telur dan ikan. Kolagen terbuat dari asam amino yang diantaranya terdapat pada susu, daging, telur dan ikan.
  1. Mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin A dan vitamin C.
  2. Mengkonsumsi buah ceri yang kaya akan antosianidin.

Perawatan menggunakan bahan alami perlu dilakukan secara rutin agar bekas jerawat dapat cepat hilang. Berikut adalah beberapa cara menghilangkan bekas jerawat yang dapat Anda coba di rumah.

Menghilangkan Bekas Jerawat Menggunakan Lidah Buaya

Lidah buaya mempunyai khasiat membantu memudarkan bekas jerawat selain membantu peremajaan dan pelembaban kulit.

Cara menggunakan lidah buaya untuk menghilangkan bekas jerawat adalah dengan menempelkan gel lidah buaya pada bekas jerawat.

Diamkan beberapa saat dan tidak perlu dibilas. Bila bekas jerawat membandel, tambahkan dua tetes minyak pohon teh ke gel lidah buaya.

Menggunakan Es Batu

Anda mungkin tidak percaya bagaimana es batu dapat menghilangkan bekas jerawat. Es batu mempunyai sifat menenangkan kulit wajah sehingga kulit yang meradang dapat disembuhkan.

Cara menghilangkan bekas jerawat dengan es batu sangat sederhana. Anda cukup menempelkan es batu pada wajah beberapa menit hingga kulit mati rasa. Untuk efek yang lebih berkhasiat, Anda dapat mengganti air dengan teh hijau agar terjadi proses anti-inflamasi.

Menggunakan Madu

Madu banyak digunakan pada bidang kesehatan, tidak terlepas juga untuk kesehatan kulit. Madu memiliki sifat antibakteri dan menjaga kelembaban kulit. Anda hanya perlu mengoleskan madu asli secara langsung pada bekas jerawat.

Menggunakan Baking Soda

Baking soda berfungsi untuk pengelupas kulit yang mampu menghilangkan bekas jerawat. Jika cara ini tidak juga bisa mengurangi bekas jerawat sebaiknya gunakan cara menghilangkan bekas jerawat yang lain.

Campurkan dua sendok baking soda dengan dua sendok teh air, kemudian aduk merata hingga membentuk pasta. Tempelkan pasta pada bekas jerawat selama dua menit lalu bilas menggunakan air hangat.

Menggunakan Bawang Putih

Bawang putih mengandung senyawa thiacremonon sulfur yang membantu untuk mengeringkan jerawat dan menghilangkan bekas jerawat. Senyawa allicin di dalam bawang putih juga mampu membunuh kuman pada jerawat.

Cara menggunakan bawah putih untuk menghilangkan bekas jerawat yaitu Anda perlu menghaluskan bawang putih lalu oleskan pada bekas jerawat selama beberapa menit.

Menggunakan Jus Lemon

Jus lemon memiliki sifat membantu memutihkan kulit sehingga dapat memudarkan bekas jerawat yang menghitam. Cara ini perlu mendapatkan perhatian ekstra karena jika jus lemon terlalu lama berada pada bekas jerawat maka dapat mengakibatkan luka bakar. Hal ini terjadi karena perbedaan PH antara jus lemon dan kulit.

Campur jus lemon dengan air dengan perbandingan yang kurang lebih sama. Bersihkan wajah sebelum mengoleskan jus lemon tepat pada bekas jerawat.

Cara ini sebaiknya dilakukan selama 15 hingga 25 menit saja karena jika terlalu lama dapat menyebabkan kulit mengering.

Menghilangkan bekas jerawat tidaklah sulit. Anda hanya perlu memilih cara menghilangkan bekas jerawat secara alami di atas dan Anda lakukan secara rutin agar dapat tampil percaya diri kembali.

Leave a Reply